10 IOT Dan Aplikasi Startup Terbaru

         ARTIKEL IOT (Internet Of Things)

1.     Peranan IOT (Internet Of Things) diberbagai Bidang:
     IoT mungkin dari namanya saja terbayang di benak Greader tidak terlepas dari yang namanya teknologi dan Internet.  IoT merupakan singakatan dari Internet of Thingsyang merupakan suatu konsep dimana dengan terhubung internet dapat saling berbagi informasi antara satu sama lainnya dengan benda-benda yang ada disekekitarnya.
Teknologi IoT memang sudah lama populer di kalangan dunia IT. Bahkan Greader banyak pakar IT yang meramalkan bahwa di dunia teknologi informasi, Internet of Things (IoT) merupakan “the next big thing”. Karena banyak sekali teknologi yang dapat dibuat dengan konsep IoT yang tak kalah besar manfaat nya dibandingkan dengan jenis teknologi lainnya yang berkembang di dunia teknologi informasi Greader. Jenis teknologi IoT yang diketahui dikalangan awam biasanya bersifat monitoring, remote control  dan smart technologi yang berhubungan dengan alat – alat elektronik pada kehidupan sehari – hari Greader contohnya TV, Mesin Cuci, Bola lampu dan lain sebagainya.
Dengan adanya Internet of Things (IoT) ini Gredaer manusia pun semakin dimudahkan dalam melakukan aktivitas sehari – hari. Pekerjaan Greader bisa menjadi lebih mudah dan lebih hemat waktu dan tenaga. Teknologi IoT selain bermanfaat di bidang teknologi informasi juga bermanfaat di berbagai bidang kehidupan lainnya. Berikut kita bahas  Greader berbagai penerapan IoT di berbagai bidang kehidupan.
a.      Bidang Pertanian
Bidang pertanian ini adalah Greader bidang pekerjaan yang paling banyak digeluti oleh penduduk Indonesia. Tanah Indonesia yang subur memang terkenal di seluruh penjuru negeri sehingga sangat memungkinkan bagi penduduk untuk mengolah tanah Indonesia. Meski awalnya penduduk menggunakan cara konvensional , sekarang bidang pertanian Indonesia pun sudah banyak yang menggunakan teknologi IoT.  yang membantu meningkatkan hasil pangan. Contoh yaitu: penyiraman tanaman otomatis,  pendeteksi penanggulangan hama, smart agriculture dan lain sebagainya.

b.      Bidang kesehatan
Sejak dahulu penggunaan teknologi di bidang kesehatan memang selalu di perhatikan dengan ketat, karena bidang kesehatan berkaitan langsung dengan keselamatan dan kesehatan manusia. Namun teknologi IoT justru dapat membantu pekerjaan di bidang ini. Sebagai contohnya yaitu adanya teknologi pemantau pasien jarak jauh, sensor khusus yang dibuat pada sepatu untuk mengurangi nyeri pada kaki dan lain sebagainya.
c.       Bidang keamanan
Keamanan pasti menjadi hal yang sangat penting bagi setiap manusia. Di zaman sekarang tingkat kriminal semakin tinggi , baik keamanan diri mau pun keamanan harta benda. Teknologi IoT sangat berperan penting di bidang keamanan.
Contoh: penerapannya yaitu remote control garasi melalui smartphone, alarm pendeteksi maling dan lain sebagainya.
d.      Bidang pendidikan
Teknologi dan pendidikan sangat berhubungan penting dalam meningkatkan kualitas para siswa – siswi penerus bangsa . karena itu semakin hari peningkatan kualitas pendidikan semakin di giatkan. Salah satu caranya yaitu dengan penggunaan IoT.
Contoh:  Sistem Monitor Untuk Anak Sekolah dan lain sebagainya.
e.       Bidang kelautan
Bidang kelautan juga sudah mulai terjamah dengan teknologi IoT. ContohMonitoring perahu nelayan saat sedang tidak melaut, Payung Florabrella yang dapat menginformasikan perkiraan cuaca bagi nelayan yang akan melaut dan banyak lagi.

2.IOT (Internet Of Things) dan Efeknya Untuk dunia Pendidikan
Pengaruh IoT ini juga memiliki efek lebih jauh lagi bagi para pelajar. Dalam pendidikan tinggi misalnya universitas, sebagai mahasiswa mungkin saat ini telah bosan dengan menggunakan buku, kebanyakan dari mereka lebih suka dengan teknologi seperti smartphone, tablet, laptop dan gadjet lainnya. Dengan IoT ini akses informasi yang mudah di akses dari mana pun dan kapan pun, akan membuat pelajar mampu mempelajari segala sesuatu yang baru. Bahkan akan mendorong para pelajar untuk mempelajari lebih lanjut lagi.
Selain itu, IoT juga memberikan pekerjaan yang lebih efisien bagi para pengajar dan pelajar. Contohnya adalah, para pengajar mampu mengoptimalkan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh pelajar. Dengan menggunakan cloud, par apengajar juga mampu melihat hasil serta statistik masing-masing pelajar dengan informasi yang lebih cepat dengan cara mengumpulkan data hasil belajar.
Selain itu, IoT juga mampu mengurangi biaya operasional sekolah, salah satu contoh sekolah yang sukses mengurangi biaya adalah Sekolah di New Richmonde, Tipp City, Ohio, Amerika Serikat. Dalam laporan, mereka mampu mengurangi sekitar USD128,000 setiap tahunnya dengan menggunakan sistem pembelajaran berbasis web-terpusat untuk mengontrol semua peralatan mekanik di sekolah.

3.      Dampak “Internet Of Things” Pada kehidupan sehari
a)        Perawatan mobil
            Semakin banyak mesin yang berbicara satu sama lain dan sistem yang berintegrasi, kita tak perlu lagi lupa mengganti oli mobil. Mobil pintar kita akan memberitahu kepada mekanik mana kala olinya harus diganti atau menambah tekanan angin pada ban. Dengan mereferensikan kalender, saran kunjungan ke bengkel akan dikirim kepada penggunanya untuk mengonfirmasi waktu dengan satu klik.

b)        Memonitor kesehatan
            Ketika obat dokter sudah akan habis, perjanjian dengan dokter akan dibuat melalui botol RX terhubung. Dokter akan diberitahu terus seberapa sering dan kapan pasien meminum obat mereka. Dokter juga bisa memonitor tekanan darah dan kadar gula darah pasien.

c)         Konsumsi energi
            Peralatan rumah tangga yang mengonsumsi energi tinggi akan disesuaikan berdasarkan sinyal harga dinamis untuk mengurangi jumlah tagihan listrik. Termostat dan pencahayaan akan mempelajari perilaku penghuni rumah untuk menciptakan pengaturan optimal berdasarkan kesehariannya. Misalnya, menyesuaikan suhu ruangan sebelum si penghuni sampai di rumah.
d)        Mengemudi dan lalu lintas
            Menyetir menjadi lebih aman. Rambu lalu lintas akan mampu menyesuaikan dengan keadaan lalu lintas, misalnya saat ambulans melintas. Sensor jalan akan membuat perubahan batas kecepatan berdasarkan cuaca dan tingkat kecelakaan serta mengomunikasikan secara langsung ke dasbor mobil tentang kondisi jalanan yang tak aman.

e)         Daftar belanja
            Kulkas pintar akan mengetahui kapan persediaan bahan pangan tinggal sedikit dan secara otomatis mengumpulkan daftar belanja bagi penggunanya.

f)         Alarm pagi
            Rute jalan ke kantor dan cuaca akan memengaruhi waktu bunyi alarm. Ketika ada kecelakaan atau pembangunan jalan pada rute rutin, alarm kita akan bunyi lebih awal dan rute alternatif akan tersedia pada dasbor mobil. Mesin kopi turut menyesuaikan dengan waktu untuk memastikan pengguna menyeruput secangkir kopi di pagi hari.

            Perubahan di atas adalah sebagian perubahan yang mungkin terjadi. Dengan meningkatnya jumlah produk “Internet of Things” dalam kehidupan, kita semua akan lebih terhubung dengan data dan mulai mengharapkan interaksi personal dengan merek dan ritel.

4.       Manfaat  Iot (Internet of Things)
a.    Monitoring Lingkungan
            IoT dapat berguna untuk “melihat” kondisi air secara real-Time di waduk, irigasi bagi para petani untuk informasi debit air masih banyak atau tinggal sedikit, di laut sebagai mitigasi bencana ke para pelaut dan nelayan. Para pelaku sektor real dalam mempertimbangkan kebutuhan mereka secara lebih tepat.Kebakaran hutan juga dapat di cegah dengan sistem pencegahan kebakaran yang terintegrasi, dengan data laporan titik panas dari satelit yang terhubung langsung ke sistem  penyemprotan air di titik lokasi kebakaran maka dapat lebih memungkinkan api di padamkan lebih cepat.
b.    Pengelolaan Infrastruktur
            Contohnya untuk kereta api, IoT ini dapat dipakai untuk mendeteksi kondisi jalur kereta aman atau tidak untuk dilintasi, sehingga palang pintu kereta akan terbuka secara otomatis tanpa harus khawatir penjaga kereta sedang terlelap tidur.Untuk di pelabuhan,IoT dapat digunakan untuk manifestribuan barang dalam satu kapal atau container, sehingga data manifest dapat lebih cepat tersedia. Hal itu, memungkin untuk sistem monitoring pelabuhan yang berguna baik untuk operator pelabuhan maupun untuk pengguna.
c.     Sensor Peralatan
        Kebanyakan biaya konsumsi peralatan di pertambangan diukur berdasar kapasitas dan pengalaman saja. Tetapi,dengan IoT perusahaan tambang dapat mengukur peralatan mana yang BBM nya sudah mau habis, berapa stok BBM disite, peralatan mana yang olinya harus di ganti, dan lain sebagainya sehingga dapat terukur secara cepat dan tepat. Hal ini sangat memungkinkan karena modulIoTdapat memberikan informasi langsung dari mesin atau peralatan di tambang.Demikian untuk di perkapalan, di pabrik industri dan juga tentunya di infrastruktur IT perkantoran modern.
d.    Bidang Kesehatan
            Kini peralatan kedokteran lebih dapat dihubungkan dengan internet sehingga lebih mudah dalam pengawasan, para dokter secara khusus dapat memantau kondisi pasien tanpa harus melakukan kunjungan ke kamar pasien tersebut.
e.     Otomasi Gedung dan Perumahan
            IoTyang merambah pada pengguna elektorik rumahan dapat memudahkan orang untuk berbagai hal. Misal, untuk listrik seperti AC split, jika anda lupa mematikannya maka biaya listrik akan mahal.Dengan aplikasi home management, anda dapat mematikan AC dan lampu di rumah atau menyalakannya kembali sebelum anda tiba di rumah.Gedung perkantoran dapat lebih mengoptimalkan seluruh fasilitas yang ada, baik untuk penghematan listrik maupun untuk pengendalian gedung terintegrasi. Sebagai contoh, gedung dengan multi tenant dapat lebih meningkatkan keamanannya dengan sistem sidik jari untuk tamu.Para tamu kantor wajib memberikan sidik jarinya ke aplikasi undangan data ke  kantor, sehingga ketika tamu kantor tersebut datang maka cukup tempelkan sidik jari maka mulai dari pintu gerbang gedung sampai liftmana yang akan di pakai sudah tersedia secara khusus.

5.     Perkembangan IOT (internet of Things)
            Dilansir Hackernoon, IoT mentransformasi industri dan membawanya ke tingkat baru. Industri ini meliputi layanan kesehatan, finansial, dan lainnya. IoT juga membawa pengaruh bagi perkembangan teknologi, baik kemunculan perangkat mobile maupun dari software yang terus ditingkatkan. 
a.    Ekspansi Sejumlah Perangkat
            IoT tentang semua perangkat terhubung yang bekerja bersama. Tahun depan, diharapkan ada lebih banyak perangkat terhubung yang bisa dinikmati oleh masyarakat. Tidak hanya tentang ponsel mobile dan laptop, tetapi juga muncul perangkat-perangkat pintar yang biasa dipakai sehari-hari. Perangkat tersebut seperti pintu pintar, smart locks dan lain-lain. IoT juga diharapkan tersedia tidak hanya dipakai oleh kalangan industri, tetapi juga penggunaan personal pada pemakaian harian. Ini mengarah pada konsep kota pintar, di mana semua proses akan didukung oleh IoT

b.    Tingginya Penggunaan Perangkat Mobile

            Untuk terhubung dengan perangkat pintar, pengguna harus memiliki perangkat untuk mengatur rumah pintar dan sebagainya. Oleh karena sejumlah pengguna mobile di dunia akan terus tumbuh dan semakin besar, maka diprediksi bahwa smartphone akan memiliki peran besar dalam IoT di masa depan.

c.     Platform Pemasaran yang Dipersonalisasi

            Pihak pemasar mendapatkan manfaat karena akses informasi personal pengguna dan himpunan data yang besar. Dengan demikian, pemasar bisa lebih mampu menempatkan iklan secara lebih personal untuk pengguna, baik melalui ponsel mobile atau platform lainnya berdasarkan perilaku pengguna dan profil.Pendekatan ini akan mentransformasi hubungan antara pengguna dan pemilik produk, di mana perhatian ditekankan pada kebutuhan pengguna dan kalangan bisnis.

d.    Teknologi Keamanan

            Dengan adanya perangkat terhubung dan IoT, maka akan mengarahkan pada sistem keamanan yang menjadi perhatian penting. Sebab, serangan siber bisa saja terjadi dalam waktu yang lebih sering dan semakin menimbulkan dampak buruk. Jadi, sebelum menerapkan semua inovasi yang direncanakan dalam kehidupan nyata, pertama-tama manusia perlu mempertimbangkan kemungkinan pelanggaran serta kerentanan keamanan dan memastikan bahwa data 100 persen aman.


Aplikasi Strartup Terbaru

1. 7 Perusahaan Startup Lokal yang Terkenal di Dunia

Perusahaan startup yang dulunya dianggap remeh kini telah berubah menjadi perusahaan raksasa yang dapat mengubah kondisi ekonomi suatu negara. Seperti yang kita tahu, membangun sebuah usaha tidaklah mudah, termasuk usaha startup. Berbagai halangan pasti ditemukan di tengah jalan, namun tidak menjadikan perusahaan yang bersangkutan menyerah begitu saja. Seiring berjalannya waktu, satu per satu perusahaan startup telah menunjukkan taringnya di era globalisasi. Banyak diantara perusahaan startup yang telah berhasil. Tidak hanya di negaranya sendiri, melainkan di dunia.

A. GO-JEK

Hadirnya Go-Jek di Indonesia sangat membantu masyarakat saat bepergian. Kemanapun dan kapanpun kita mau, kita dapat menghubungi bapak Go-Jek. Go-Jek mulai beroperasi pada tahun 2011, tepatnya di Kota Jakarta. Namun, Go-Jek kini telah tersebar hampir di seluruh kota di Indonesia, termasuk di daerah terpencil sekalipun. Kehadiran Go-Jek juga diikuti dengan kehadiran jasa transportasi antar jemput lainnya. Akan tetapi, popularitas Go-Jek masih tetap berada di atas awan. Tambahan fitur pada aplikasi Go-Jek sendiri juga sangat memanjakan konsumen. Selain fitur Go-Ride, masyarakat juga dapat menikmati fitur Go-Car, Go-Clean, Go-Glam, Go-Massage, Go-Food, Go-Box, Go-Mart, Go-Pulsa, Go-Shop, Go-Tix, Go-Med, Go-Auto, danGo-Busway.
Suksesnya Go-Jek sudah terdengar hingga ke mata dunia. Kabarnya, perusahaan ini akan diboyong presiden ke Sillicon Valley. Modal yang diperoleh oleh Go-Jek untuk mengembangkan bisnisnya datang dari investor lokal dan investor asing.

B. TOKOPEDIA

Ide bisnis ini dicetuskan oleh William Tanuwijaya yang kini menjabat sebagai CEO Tokopedia. Pada awal berdirinya, banyak orang yang meremehkan William karena ia bukanlah anak dari seorang pebisnis. Namun, ledekkan orang lain malah membuat William Tanuwijaya bersemangat untuk mendirikan Tokopedia. Ketekunan dan kerja keras William terbayarkan di tahun 2009, ketika Marketplace miliknya resmi didirikan dengan nama Tokopedia. Tokopedia merupakan salah satu e-Commerce terbesar di Indonesia. Sumber pendanaannya datang dari Sequoia dan Softbank.

C. HAPPYFRESH

HappyFresh adalah sebuah aplikasi yang melayani delivery bahan makanan. HappyFresh sendiri bukanlah supermarket besar yang menyediakan bahan makanan. Melainkan aplikasi yang mempekerjakan masyarakat untuk membeli bahan makanan yang diperlukan oleh konsumen, lalu mengantarnya sampai ke tempat tujuan. Mekanisme kerjanya sangatlah mudah. Pelanggan cukup memesan melalui aplikasi, setelah itu, semuanya akan diurus oleh para pekerja. Kini, HappyFresh telah hadir di berbagai negara di Asia Tenggara, seperti Kuala Lumpur, Bangkok, dan rencananya akan dibuka di Taipei.

D. KUDO

Kudo merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai perantara antara situs online dan offline yang ada di Indonesia. Pada awal pendirian, orang menggunakan Kudo untuk membeli barang-barang e-Commerce. Tujuan pembentukan Kudo yaitu untuk memperkenalkan situs-situs e-commerce yang ada di Indonesia. Beberapa waktu lalu, Kudo mengungkapkan kalau mereka akan menjadi salah satu aplikasi yang akan membawa masyarakat ke budaya belanja online. Akankah mereka berhasil?

E. JUALO

Jualo merupakan situs belanja online terbesar di Indonesia. Popularitas Jualo kini meroket berkat kerja keras CEO untuk terjun langsung pada bisnisnya. Traffic situs Jualo sendiri mencapai jutaan pengunjung setiap bulannyaMeskipun persaingan antara Jualo dan situs e-commerce cukup ketat, Jualo tetap dapat mencatatkan rekor dengan total transaksi mencapai Rp1,35 triliun. Pada saat ini, Jualo telah ikut berpartisipasi dalam organisasi Peduli Anak Foundation di Indonesia Timur. Hasil keuntungan yang diperoleh oleh Jualo sebagian besar akan disalurkan ke Foundation ini.

F. E-FISHERY

e-Fishery merupakan perusahaan startup yang unik. Ide bisnis ini diperkenalkan oleh Gibran Chuzaefah Amsi Al Farizy yang merupakan seorang pebisnis ikan lele. Untuk medukung jalannya bisnis, ia meluncurkan inovasi terbaru mengenai teknologi pangan untuk ikan. Produk yang diproduksi oleh e-Fishery berupa alat pemberi makan otomatis dan alat deteksi untuk mengukur nafsu makan ikan-ikan. Ide brilian ini akhirnya dilirik oleh salah satu perusahaan akuakultur dari Belanda, sekaligus menjadi perusahaan yang mendanai proses bisnis e-Fishery.

G. BRIDESTORY

Selain e-Fishery, Bridestory juga merupakan perusahaan startup yang cukup unik. Mengingat semua masyarakat di dunia akan berakhir ke jenjang pelaminan, mereka menghadirkan layanan sewa gaun pengantin sekaligus photoshoot




2.       Strartup Terbaik Di Indonesia Ini Berhasil Masuk Forbes 2018

1. Crowde
Melaui Crowde, Yohanes Sugihtononugroho selaku pendirinya ingin menghubungkan petani dengan para investor. Dengan begitu, para petani bisa terhindar meminjam modal dari bank dan lintah darat. Crowde menggunakan sistem bagi hasil yang telah disepakati di awal.Per Agustus 2017 telah ada 140 proyek yang telah didanai Crowde, 32 sudah selesai, 80 masih berjalan, dan 20 lagi sedang menunggu dana terkumpul.
2. Modalku 
            Jika Crowde fokus pada nasib petani Indonesia, Modalku memberikan pinjaman ke UMKM. Terdaftar secara resmi pada otoritas jasa keuangan (OJK), Modalku menghadirkan layanan pinjaman dengan metode peer-to-peer (P2P) lending. Hingga saat ini, sudah ada dana sebesar Rp 837 miliar yang telah dipinjamkan.
3. PayAccess 
            Seiring dengan maraknya penggunaan e-money, PayAccess semakin dikenal masyarakat. Meski masih beroperasi di Malang, sudah ada  415.000 pengguna yang terdaftar. Sama halnya dengan TCASH, PayAccess bisa digunakan untuk transaksi nontunai, seperti pembayaran di merchant, isi pulsa seluler, hingga transfer antar pengguna. Hebatnya lagi, PayAccess telah menerima pendanaan Seri A pada pertengahan 2017. 
4. Karta
             Bukan sebagai transportasi online, Karta hanya berfokus kepada perusahaan yang ingin beriklan melalui pengendara motor. Sudah banyak perusahaan besar yang menggunakan jasanya, seperti Unilever, P&G, Astra, dan Telkomsel. Hingga saat ini, perusahaan besutan Jeff Hendrata dan Andrew Tanner telah tersedia di 20 kota besar Indonesia. 
6.      Sale Stock
Sale Stock didirikan pasangan suami istri, Lingga Madu dan Ariza Novianti dengan tiga orang lainnya sejak 2014. Sebagai salah satu e-commerce fashion terbesar di Indonesia, mereka mampu bersaing dengan Alfacart, Zalora, dan Berrybenka. Sale Stock juga mendapatkan dukungan pendanaan dari Ardent Capital.
7.      Fabelio

            Berdiri di bawah PT Tiga Elora Nusantara, Fabelio merupakan startup yang berdiri sejak 2015. Memberikan harga terjangkau, Fabelio mampu menghadirkan produk-produk berkualitas seperti sofa, meja, kursi, rak, dan sebagainya. Tak hanya itu, adanya fitur "home by Fabelio" memungkinkan pelanggan untuk bisa mendapatkan fasilitas desain interior rumah, yang dikerjakan langsung dari spesialis desainer interior .



3. STRARTUP YANG BERHASIL DI INDONESIA

1. Gojek

Perusahaan jasa transportasi online ini pertama kali dirikan pada tahun 2010 oleh Nadien Makarim di jakarta.Gojek merupakan salah satu contoh bisnis startup dengan pertumbuhan sangat cepat dan telah menjadi Unicorn di Indonesia.Istilah Unicorn adalah sebutan pada startup yang telah memiliki valuasi lebih dari $1 milliar.Perusahaan startup ini bergerak dibidang transportasi online telah berhasil mengubah gaya hidup sebagian masyarakat di Indonesia dengan menggunakan layanan transportasi berbasis aplikasi.
2. Bukalapak
Perusahaan rintisan ini pertama kali di launching pada tanggal 10 januari 2010 oleh Achmad Zaky yang juga sebagai Founder dan CEO PT.Bukalapak saat ini.Bukalapak adalah salah satu marketplace (pasar daring) terbesar dan terpopuler di Indonesia.Perusahaan startup Indonesia ini menyediakan fasilital penjualan dari dengan sistem costumer to costumer (C2C) dimana semua orang dapat membuka toko online secara gratis.Kemudian pemiliki toko online dapat melayani pembeli di seluruh indonesia baik dalam jumlah satuan maupun partai besar.Di Bukalapak, pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli atau menjual berbagi produk baik bekas atau baru.
3. Tokopedia
              Secara resmi Tokopedia didirikan pada tanggal 06 Februari 2009 dan diluncurkan ke publik pada tanggal 17 Agustus 2018 oleh Willian Tanuwijaya danLeontinus Alpha Edison.Bersama dengan Bukalapak, saat ini Tokopedia telah berhasil menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia.Dengan menggunakan Tokopedia maka semua orang baik individu atau brand besar dapat membuka dan mengelola toko online secara gratis.Tokopedia adalah startup teknologi pertama di asia tenggara berhasil memperoleh pendanaan investasi sebesar us$ 100 juta dari Sequoia Capital danSoftbank Internet andMedia Ink.
4. Tiket.com
            Tiket.com merupakan startup Indonesia yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat, kereta api, hotel, tiket konser, dll yang bebasis di Jakarta.Perusahaan ini pertama kali di dirikan pada bulan agustus 2011 oleh Wemas Agusetiawan, Dimas Surya Yaputra, Natali Ardianto dan Mikhael Gaery Undarsa.  Pada awalnya perusahaan rintisan dicetuskan oleh Wenas Agusetiawan dengan membeli domain Tiket.com lalu mengajak beberapa temannya untuk merintis situs pemesana tiket pesawat dan kereta api.Tiket.com pada saat ini telah membuktikan sebagai salah satu situs booking online yang terpercaya di Indonesia
4. Startup Inovatif Ini Siap untuk Memajukan Pendidikan Indonesia
    Beragam problematika yang dihadapi oleh negara-negara berkembang di dunia, selalu beririsan dengan persoalan rendahnya kualitas pendidikan yang menjangkit masyarakatnya. Masing-masing negara memiliki cara tersendiri untuk mengembangkan proses dan kualitas pendidikannya. Gerakan-gerakan sosial maupun profesional pun juga semakin tumbuh marak sebagai wujud kesadaran untuk membangun peradaban yang lebih baik di masa depan.Hingga akhirnya, banyak juga startup yang lahir untuk membantu pemerintah dengan menawarkan berbagai inovasi yang tepat guna. Hal ini ternyata juga terjadi di Indonesia yang kita ketahui memiliki problematika yang cukup kompleks dengan sistem dan kualitas pendidikannya. Berikut ini, 7 startup yang dinilai dengan inovasinya berhasil menciptakan perubahan nyata dalam memajukan pendidikan di Indonesia.        

A. RUANGGURU

RuangGuru mengajak kita untuk melupakan cara belajar yang ribet dan membosankan. Memanfaatkan teknologi internet, RuangGuru menciptakan sebuah platform yang mempertemukan pelajar dengan guru private yang berkualitas dengan cara yang sangat mudah dan sesuai kebutuhan. Kebebasan memilih guru, jam belajar hingga mata pelajaran, menjadikan RuangGuru sebagai salah satu startup yang cukup populer di kalangan pelajar.
Startup yang kini dipimpin oleh Adamas Belva Syah Devara ini juga menyediakan berbagai alat untuk melatih diri dan memantau hasil latihan untuk mengetahui progres dalam setiap latihan. Baru-baru ini, RuangGuru menggaet salah satu artis muda yang sedang naik daun. Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan, pemeran film sensasional yang berjudul Dilan ini diberitakan juga turut menjadi pengajar di platform RuangGuru. Melalui RuangGuru, Adamas Belva Syah Devar berhasil masuk dalam daftar 30 under 30 Majalah Forbes Asia 2017.
B. 7 Pagi
Proses pendidikan yang komprehensif, melibatkan 4 pilar utama yang meliputi siswa, sekolah, guru dan orangtua. Hal ini nampaknya sangat dipahami oleh startupyang bernama 7Pagi. Memanfaatkan kemajuan teknologi terkini, 7Pagi menyajikan sebuah media digital yang mudah dan efektif untuk menjalin komunikasi antara guru dan orangtua. Dengan platform tersebut, orang tua dapat memantau dan mengetahui perkembangan anak mereka di sekolah hanya melalui smartphone di tangan mereka.
Startup yang didirikan Yayan Ardhianto ini memiliki beberapa fitur unggulan yang di antaranya adalah Diary, Portfolio, Information, dan Class Activities. Diary berguna sebagai buku penghubung, fitur Portfolio untuk informasi mengenai portofolio siswa selama di sekolah, sedang Information dirancang untuk menggantikan surat edaran, dan fitur Class Activities bermafaat untuk menyampaikan beragam informasi kegiatan di kelas. Dengan penggunaan smartphone yang kini semakin akrab di kalangan guru dan orangtua, startup 7Pagi mencoba menawarkan sistem komunikasi yang memantau perkembangan siswa secara lebih mudah, update dan modern.
C. GMB Indonesia
Berbeda dengan ke-enam startup lainnya, GMB-Indonesia menciptakan inovasi yang menyasar seluruh elemen pendidikan di Indonesia. Startup yang lebih dikenal dengan nama Gerakan Menulis Buku Indonesia ini mewadahi seluruh insan pendidikan, mulai dari guru, dosen, mahasiswa, organisasi/komunitas, hingga para pelajar dari seluruh jenjang pendidikan untuk menulis dan menerbitkan bukunya secara gratis. GMB-Indonesia, sebuah startup berbasis sosial yang didirikan oleh Lenang Manggala ini merevolusi sistem penerbitan buku yang sebelumnya terkenal rumit, lama, dan hanya bisa dimanfaatkan oleh kalangan penulis profesional semata.
Bekerjasama dengan Gerakan Literasi Nasional Kemdikbud RI, GMB-Indonesia menciptakan platform penerbitan buku gratis yang mudah, cepat, menguntungkan sekaligus menyenangkan. Baru-baru ini, GMB-Indonesia menyelenggarakan program Adi Acarya Award untuk guru dan dosen, serta Gerakan Sekolah Menulis Buku untuk pelajar di seluruh penjuru Indonesia. Berkat inovasi dan dedikasinya di dunia pendidikan, GMB-Indonesia berhasil masuk dalam daftar Top 20 ASEAN Young Socialpreneurs. 
D. IndonesiaX
IndonesiaX adalah platform online pendidikan yang menawarkan kursus-kursus online (Massive Open Online Courses) dari universitas, institusi dan praktisi di berbagai bidang untuk mencerdaskan bangsa. Keterlibatan secara aktif Profesor Rhenald Kasali dalam mengembangkan layanan ini, tentu saja memberikan garansi atas manfaat yang bisa diberikan oleh IndonesiaX. Melalui platform ini, kita bisa belajar tentang banyak hal secara gratis dari para pemateri terbaik di Indonesia.
Secara online, siapapun berkesempatan untuk menimba ilmu langsung pada tokoh-tokoh besar seperti Wishnutama Kusubandio, Profesor Rhenald Kasali, Professor Iwan J Azis, Ir. Budi Rahardjo, MSc., PhD., Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. dan masih banyak lagi lainnya. IndonesiaX juga memiliki tema kursus yang beragam dan sangat sesuai dengan kebutuhan anak muda terkini. Di antaranya adalah, Change Management, Public Speaking, Digital Marketing, The Art of Startup, Sustainable Develpoment, serta masih banyak lagi tema lainnya yang siap menjawab kebutuhan kita.
E. TokoEdukasi
TokoEdukasi hadir menjadi jawaban atas kebutuhan sekolah dan pelajar dalam mencari produk dan peralatan yang menunjang proses pendidikan. TokoEdukasi bergerak di bidang e-commerce. Untuk memenuhi kebutuhan konsumennya, saat ini, TokoEdukasi menyediakan ribuan produk yang berakitan dengan pendidikan. Produk-produk yang disediakan meliputi software, perangkat elektronik, alat peraga, furnitur, mainan, perlengkapan sekolah, buku, pakaian, dan ekstrakurikuler. Harga yang ditawarkan pun juga beragam. Mulai dari ribuan untuk peralatan ekstrakurikuler pramuka, hingga puluhan juta rupiah untuk produk seperti interactive whiteboard.
F. E-Tryout
Jika Kamu sedang mempersiapkan diri untuk menempuh ujian masuk perguruan tinggi, e-Tryout adalah jawabannya. E-Tryout merupakan startup yang menyediakan platform ujicoba ujian yang menjadi semacam bank soal bagi penggunanya. Melalui aplikasi ini, kita bisa melakukan tryout dan mendapatkan hasilnya secara live. Dengan mendafat di aplikasi e-Tryout, kita bisa mengerjakan soal-soal ujicoba ujian mulai dari SD, SMP, SMA, soal UN, SBMPTN, hingga tes CPNS, dan bahkan soal-soal umum. Setelah mengerjakan soal, kita akan mendapatkan hasil dari jawaban serta nilai dan waktu pengerjaan yang kita butuhkan.
Selain itu, kita juga bisa belajar dengan melihat kembali soal mana yang kita jawab dengan salah dan jawaban mana yang benar. Melaui platform ini, e-Tryout menawarkan solusi atas masalah yang berkaitan dengan biaya, waktu dan jarak yang harus dikorbankan para pelajar atau mahasiswa yang ingin mengikuti tryout konvensional. Dari segi harga, e-Tryout menawarkan layanannya dengan harga yang terbilang sangat murah, yakni misalnya Rp1.100 untuk 200 soal, Rp5.500 untuk 1.500 soal, dan seterusnya. Mulai sekarang, kita bisa melakukan tryout dengan biaya yang lebih murah, dan bisa kita lakukan dimanapun dan kapanpun.
G. HarukaEdu
HarukaEdu, sebuah startup e-learning inovatif yang memungkinkan kita mengikuti untuk berbagai macam pendidikan formal maupun informal secara online. Dalam rangka menyajikan keterjangkauan pendidikan yang lebih mudah, HarukaEdu menawarkan 3 program unggulan yang meliputi kursus online, kuliah online dan sertifikasi online. Khususnya untuk kuliah online di HarukaEdu, dalam pelaksanaannya, perkuliahan metode online ini menerapkan berbagai macam teknologi dan metode pengajaran baru untuk memastikan pengalaman dan kualitas hasil pembelajaran yang menyamai atau bahkan melebihi, kuliah konvensional (tatap muka).
Teknologi atau metode pengajaran baru tersebut adalah sebagai berikut: cloud computinglearning analyticsgame-based learningpersonalized learning environmentsopen content dan mobile learning. Terkait Kuliah online, HarukaEdu menjalin kerja sama dengan universitas terakreditasi A dan B yang mengubah program offline degree mereka menjadi online degree. Setelah lulus ujian sertifikasi, maka pengguna akan mendapat sertifikat online.

5. Perkembangan Bisnis Startup Digital di Indonesia
Bisnis startup terus berkembang meskipun banyak yang gagal. Hampir setiap saat muncul startup-startup baru dari penjuru dunia termasuk Indonesia yang merupakan salah satu pasar yang sangat menarik, namun belum dioptimalkan secara maksimal.

Menurut riset pada tahun 2017 ini, tercatat bahwa pengguna Internet di Indonesia telah mencapai 133 Miliar, dan tentunya akan terus bertambah setiap tahunnya. Selain itu daya beli masyarakat juga meningkat sesuai dengan pendapatan per kapita masyarakat yang naik. Hal ini secara tidak langsung ikut memengaruhi perkembangan industri digital.
            Bisnis startup di Indonesia yang paling banyak diminati adalah game dan aplikasi edukasi. Selain proses pembuatan game dan aplikasi edukasi yang relatif mudah, startup jenis ini memiliki pangsa pasar yang potensial dan terbuka di Indonesia. Setelah itu diikuti startup e-commerce dan informasi. Dengan berkembangnya social media dan smartphone, pasar untuk mobile game dan social game ikut berkembang dan semakin besar. Sementara itu untuk aplikasi atau website yang bergerak di bidang e-commerce dan informasi, tantangannya di Indonesia masih cukup besar dikarenakan masih minimnya penggunaan kartu kredit. Ada beberapa faktor yang mendukung perkembangan startup di Indonesia, yaitu :

a. Masyarakat Indonesia selalu terbuka dengan teknologi baru.

Jika kita lihat saat ini ada banyak sekali pengguna Internet aktif di Indonesia maka akan berdampak pada peluang bisnis yang juga semakin besar.

b. Jumlah penduduk Indonesia yang banyak.

Banyaknya penduduk maka kebutuhannya juga banyak dan tentunya juga akan menjadi peluang bisnis yang besar.

c. Pelayanan startup yang baik.

Semakin baik dan bagus pelayanan sebuah startup maka konsumennya juga semakin banyak.

d. Modal dari investor serta dukungan pemerintah.

Tanpa modal, maka bisnis apapun tak kan bisa berkembang. Dukungan dari pemerintah pun menjadi penentu berkembangnya sebuah startup, jika pemerintah tidak mendukung maka startup sangat sulit untuk berkembang.

Setelah membaca uraian di atas tentunya Anda sudah tahu apa itu startup dan bagaimana perkembangannya di Indonesia. Membangun startup yang sukses tentu membutuhkan perencanaan yang matang, terutama sebagai pondasi keuangan bisnis. Anda dapat mengatur strategi bisnis dengan baik jika data keuangan bisnis Anda dapat diakses dengan menggunakan software akuntansi.
            Jurnal merupakan software akuntansi online yang siap membantu Anda dalam proses akuntansi, mulai dari pencatatan transaksi keuangan hingga menjadi sebuah laporan keuangan bisnis. Dengan Jurnal, Anda juga dapat mengelola dan memonitor keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun. Temukan info lebih lanjut mengenai Jurnal dan berbagai fiturnya






Reference:
http://bisniscool.me/mengintip-perkembangan-iot-tahun-2018/
https://www.idntimes.com/tech/trend/eka-wardana/7-startup-inovatif-siap memajukan-pendidikan-indonesia
https://www.jurnal.id/id/blog/2017/karakter-dan-perkembangan-bisnis-startup-di-indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TI POLITALA ALPRO1 1A

TI POLITALA 2A ALPRO SORTING

AI (Artificial Intelligence)